Elga-Ahmad

Blog pribadi. Seorang pencinta bahasa & kopi krim!
#Didactique #FLE #BIPA #TICE #Interculturel #Grammaire

Ringkasan: Dalam dunia kerja nyata, (calon) karyawan sering dihadapkan pada tuntutan untuk mampu bekerja di dalam sebuah tim. Seperti ...

Pembelajaran Kooperatif Berbasis Pengalaman dalam Mata Kuliah Bahasa Prancis Pariwisata untuk Mengarahkan Mahasiswa secara Nyata pada Dunia Kerja

Ringkasan:

Dalam dunia kerja nyata, (calon) karyawan sering dihadapkan pada tuntutan untuk mampu bekerja di dalam sebuah tim. Seperti bidang pekerjaan lainnya, pariwisata juga menghendaki para pelakunya untuk memiliki keterampilan lain, seperti kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain yang berkepentingan, bahkan pihak dari domain yang berbeda.

Di Universitas Brawijaya, Bahasa Prancis Pariwisata ditawarkan menjadi salah satu mata kuliah pilihan terutama bagi mahasiswa semester VI yang berminat mempersiapkan dirinya untuk memasuki dunia kerja pada bidang tersebut. Dengan  kata lain, tujuan utama mata kuliah ini adalah untuk mengarahkan para pembelajar menjadi pelaku bidang pariwisata.

Pembelajaran kooperatif memang bukan merupakan sebuah model baru dalam proses belajar-mengajar. Model ini dapat diimplementasikan pada berbagai materi dan mata pembelajaran, yaitu dengan membuat kelompok belajar yang terdiri dari dua hingga enam orang. Namun, tentu saja kelompok belajar ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan kelompok belajar biasa, terutama ketika model pembelajaran kooperatif ini dipadukan dengan model pembelajaran lain yang berbasiskan pada pengalaman. Tujuannya adalah untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan pengajar. Dalam hal ini, pengajar dan pembelajar mempunyai peran masing-masing yang selalu bertitik berat pada proses kerja sama dalam pencapaian objektif akhir perkuliahan.



*Cet article a été communiqué lors du Séminaire international de l’APFI: Français, Langue de culture et langue de métier en nov 2013 à Medan, Indonesie.



0 comments: