Elga-Ahmad

Blog pribadi. Seorang pencinta bahasa & kopi krim!
#Didactique #FLE #BIPA #TICE #Interculturel #Grammaire

Jika menelusuri pencarian di ranah web dengan menggunakan kata kunci dari judul artikel ini pada mesin pencari Google -misalnya, Anda tentun...

Mengapa Belajar Bahasa Prancis?


Jika menelusuri pencarian di ranah web dengan menggunakan kata kunci dari judul artikel ini pada mesin pencari Google -misalnya, Anda tentunya akan menemukan beberapa bahkan banyak referensi tautan yang menawarkan jawaban untuk pertanyaan tersebut. Dengan kata lain, ini memang bukanlah artikel pertama yang ditulis tentang tema itu. Bisa jadi artikel ini bukanlah satu-satunya artikel yang harus Anda baca, tetapi bisa digunakan sebagai salah satu rujukan untuk memuaskan keingintahuan Anda itu. Saya yakin, Anda saat ini sedang memerlukan sebuah motivasi dan sebuah alasan mengapa Anda melakukan pembelajaran bahasa Prancis yang notabene adalah bahasa asing bagi penutur asli bahasa Indonesia.

1. Untuk Studi atau Bekerja di Prancis dan Negara Frankofon
Sebagai bahasa yang digunakan oleh sekitar 260 juta penutur di seluruh dunia, penguasaan bahasa Prancis sebagai bahasa komunikasi mutlak diperlukan. Apalagi ketika Anda merencanakan untuk menempuh pendidikan atau bekerja di Prancis ataupun di negara-negara frankofon yang menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa resmi atau bahasa kedua, seperti Belgia, Swiss, Maroko, Quebec, dsb.
Era globalisasi dengan keterbukaan pintu pasar bebasnya telah memungkinkan masuknya perusahaan multinasional asal Prancis ke tanah air. Hal ini tentu saja memberikan peluang lebih besar kepada para calon tenaga kerja yang memiliki kompetensi bahasa Prancis untuk berkarir. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan beberapa nama berikut; Carrefour, Peugeot, Accor Group, Airbus, ... ?

2. Karena Bahasa Prancis adalah Bahasa Diplomasi
Bahasa Prancis merupakan salah satu bahasa resmi yang digunakan oleh organisasi tingkat dunia, seperti PBB, UNESCO, NATO, Palang Merah Dunia, dsb. Indonesia sebagai negara yang berperan aktif dalam organisasi tersebut, menuntut personel yang terlibat di dalamnya untuk pula menguasai bahasa Prancis -selain bahasa Inggris tentunya, sebagai bahasa tutur mereka di lingkup profesional.

3. Untuk Memperluas Wawasan dan Informasi
Menguasai bahasa Prancis artinya miliki akses terhadap jutaan sumber pengetahuan dan informasi. Mungkin Anda tahu bahwa banyak karya sastra, seni panggung, sinematografi, kuliner, mode... terlahir di sana.

0 comments: