Mon idée pour le français

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mempunyai sebuah proyek khusus untuk bahasa Prancis yang akan diluncurkan pada 20 Maret 2018 yang akan datang. Untuk itu, sebuah situs beralamat URL www.monideepourlefrancais.fr terbuka bagi seluruh penutur bahasa Prancis di dunia untuk menampung ide mereka dalam rangka pengembangan bahasa Molière ini di tengah pluralinguisme. Situs web tersebut dibuat oleh pemerintah Prancis dan dipublikasikan melalui jaringan Institut Français. Pengguna bahasa Prancis atau yang dikenal dengan istilah francophone memang diprediksi, menurut Macron, akan melonjak tiga kali lipat jumlahnya terutama pada tahun 2050. Saat ini, bahasa Prancis dituturkan oleh 274 juta orang di dunia.


Berikut ini adalah beberapa tahapan untuk mengajukan usulan Anda sebagai pengguna bahasa Prancis di Indonesia, melalui platform Mon idee pour le français ini:
1) Buka tautan www.monideepourlefrancais.fr di peramban (browser) Anda. Temukan dan klik tombol bertuliskan Je donne mon idée di laman depan situs web tersebut.
2) Pertanyaan pertama yang muncul yaitu: Le français est-il votre langue maternelle ? (Apakah bahasa Prancis adalah bahasa ibu Anda?). Pilih Non (Bukan), jika memang bukan bahasa yang pertama kali Anda kenal dan Anda gunakan dalam lingkungan keluarga.
3) Jawab pertanyaan-pertanyaan berikutnya dengan cara memilih atau mengisinya di kolom yang disediakan.
4) Jangan lupa untuk menuliskan secara singkat dalam bahasa Prancis –tentu saja!, gagasan Anda terkait pengembangan bahasa Prancis di tengah plurilinguisme dunia. Beberapa contoh bisa Anda baca di tautan ini.
5) Setelah Anda menjawab semua pertanyaan yang diajukan, Anda akan menerima sebuah surel (email) tentang konfirmasi dan rekapitulasi data yang Anda sudah isi tadi. 
6) Apabila kolom yang disediakan terlalu kecil untuk menuliskan usulan Anda, Anda dapat memaparkannya lebih rinci melalui surel yang kemudian ditujukan pada alamat monidee@institutfrancais.com

Sebagai kompensasi untuk Anda yang telah berpartisipasi dalam angket ini dan berada di luar teritorial Prancis, berhak atas akses gratis dokumen multimedia di platform Culturetheque selama satu bulan, setelah tanggal 20 maret 2018. Sedangkan untuk pengusul ide terbaik, mereka akan diundang ke Paris untuk mempresentasikan idenya secara langsung. Biaya transportasi dan penginapan akan ditanggung panitia.

Menarik, bukan? 

0 comments:

Posting Komentar

Instagram Saya