Belajar Bahasa sambil Berkaraoke

Pembelajaran bahasa melalui musik atau lagu merupakan kegiatan yang menyenangkan dan efektif. Banyak penelitian telah menunjukkan pernyataan ini. Tulisan saya pada tautan ini membahas mengenai keterkaitan antara musik dan pembelajaran bahasa asing. Selain dapat melatih pelafalan dan instonasi secara langsung, lagu juga menawarkan pengetahuan baru tentang budaya, kekayaan kosakata, dan ungkapan-ungkapan idiomatik yang dapat diperoleh pembelajar bahasa. Di jagat Internet, terdapat banyak situs web yang dapat memfasilitasi kegiatan pembelajaran tersebut. Melalui artikel ini, saya hendak membahas dua diantara platform yang dimaksud, yang juga sering saya rekomendasikan kepada mahasiswa sebagai media pembelajaran BIPA maupun FLE supaya mereka dapat berlatih secara mandiri dengan cara yang fun.


Lyrics Training

LyricsTraining menawarkan cara yang mengasyikkan dalam belajar dan melatih kemampuan berbahasa asing. Melalui aktivitas karaoke dan missing lyric-nya, situs ini memberikan kemudahan kepada pembelajar untuk mempelajari kosakata, ungkapan, serta tata bahasa. Situs web ini memang didedikasikan khusus untuk penggunaan pribadi dan pendidikan. LyricsTraining dapat diakses dengan menggunakan bahasa pengantar Inggris, Prancis, atau Spanyol. Ada banyak lagu beserta klip videonya dengan 12 bahasa berbeda, tetapi saya tidak menemukan lagu-lagu berbahasa Indonesia di sini.  

Lagu dapat dilipih berdasarkan genre musiknya, bahasa yang digunakan, maupun berdasarkan masukan dari kolom pencarian. Setelah lagu yang dikehendaki tertampil, pembelajar harus memilih tingkat kesulitan latihan terlebih dahulu sebelum memulai, yaitu:
Beginner - melengkapi bagian kosong, 10% dari keseluruhan lirik;
Intermediate - melengkapi bagian kosong, 25% dari keseluruhan lirik;
Advanced - melengkapi bagian kosong, 50% dari keseluruhan lirik;
Expert - menuliskan keseluruhan lirik, lalu dikomentari oleh LyricsTraining “Are you crazy?”  =)

Terdapat opsi untuk mendaftar di situs ini agar dapat mengumpulkan poin dari setiap kegiatan karaoke yang dilakukan. Poin dapat diakumulasikan dan pembelajar yang terdaftar kemudian ditantang untuk masuk dalam klasemen pembelajar terbaik di LyricsTraining. Pendaftaran ini tidak dipungut biaya alias gratis. Selain tampilan yang menarik dan interkatif, LyricsTraining memberikan motivasi tersendiri untuk terus belajar.


Lyrics Gaps

Seperti LyricsTraining, situs web LyricsGaps juga dibuat khusus untuk dipakai sebagai media pembelajaran bahasa. Dengan teknik yang relatif sama, pembelajar diajak berkaraoke sambil melengkapi bagian-bagian yang kosong pada teks lirik lagu yang diperdengarkan. Tingkat kesulitan sebuah lagu sudah ditentukan oleh LyricsGaps; easy, medium, hard. Lirik juga bisa ditampilkan utuh –tanpa bagian kosong, untuk langsung berkaraoke. Sayangnya, klip musik yang disematkan dari YouTube itu akan terus berjalan walaupun Anda belum selesai melengkapi bagian yang kosong. Ketika seorang pembelajar telah melengkapi keseluruhan liriknya, ia dapat menekan tombol Score di bagian bawah halaman web untuk segera mengetahui perolehan skor dari kegiatan ini. Bila mau, pembelajar dapat memamerkan skornya itu melalui akun Twitter atau Facebook.

Walaupun memuat beragam lagu dengan 21 bahasa yang berbeda, situs LyricsGaps ini tersedia dalam dua bahasa pengantar saja; bahasa Inggris dan Spanyol. Pada sesi lagu karaoke berbahasa Indonesia, saya hanya menemukan tiga lagu, yakni:
- “Mata Indah Bola Pingpong” dari Iwan Fals
- “ Sang Dewi” dari Titi DJ
- “Kalau Saya Kaya” dari Fransoa

“… music is a fun way to learn and listening to different accents and pronunciations allows greater flexibility to test to your ability to recognize the different sound patterns of another language. This is very different from the typical listening exercises in language classes, where the pronunciation is too perfect, which is not entirely practical in a real environment.” – LyricsTraining

Untuk menuju platform yang dibahas dalam artikel ini, Anda dapat mengklik pada masing-masing nama situs web di atas gambar. Mari bernyanyi!
=)

0 comments:

Posting Komentar

Instagram Saya