Elga-Ahmad

Blog pribadi. Seorang pencinta bahasa & kopi krim!
#Didactique #FLE #BIPA #TICE #Interculturel #Grammaire

Kemajuan teknologi web yang sangat pesat hingga pada versi HTML-5 saat ini telah mampu menyajikan kepada para penggunanaya laman-laman web y...

Akses Ilmu Pengetahuan Tanpa Batas melalui MOOC

Kemajuan teknologi web yang sangat pesat hingga pada versi HTML-5 saat ini telah mampu menyajikan kepada para penggunanaya laman-laman web yang lebih dinamis dan interaktif dibandingan dengan pada masa awal kemunculannya. Situs web kini tak lagi hanya sebatas menampilkan informasi berupa teks, foto, audio, maupun video satu arah. Namun sebaliknya, pengguna dapat menambahkan informasi baru atau melakukan modifikasi pada konten yang ditampilkan. Bahkan, beberapa situs web memiliki kemampuan layaknya sebuah sistem operasi tertentu yang dapat dipasang aplikasi di dalamnya. 

Pada saat yang bersamaan, hal ini pulalah yang mendorong berkembangnya pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran di lingkungan-lingkungan pendidikan di seluruh dunia. Berkat Internet, pembelajaran tidak hanya dilakukan melalui tatap muka langsung secara fisik antara guru dan murid di ruang kelas. Kegiatan belajar-mengajar dimungkinkan dilaksanakan dalam jarak dan waktu yang terpisah. Istilah pembelajaran elektronik (e-learning) memang sudah muncul terutama sejak lahirnya jaringan komputer yang dikenal dengan sebutan Internet. 

MOOC
Ilustrasi oleh: Fotolia
Metode e-learning sekarang sudah jauh berbeda dan jauh lebih baik. Jika sebelumnya kegiatan e-learning yang diselenggarakan sebuah lembaga pendidikan khusus ditujukan secara terbatas bagi peserta didiknya saja, saat ini justru banyak institusi pendidikan yang menawarkan e-learning secara terbuka bagi semua orang-jumlah dan kategori pesertanya tidak dibatasi, dan bahkan beberapa kursus atau kuliahnya ditawarkan secara gratis. Konsep inilah yang didefiniskan dalam istilah MOOC atau Massive Open Online Course (Kursus/Kuliah Daring Terbuka Massal).  

Pada prinsipnya, saat ini ilmu pengetahuan dapat diakses oleh semua kalangan tanpa batasan waktu, tempat, dan biaya berkat Internet dan perangkat yang terhubung dengannya. Pada sistem pembelajaran jarak jauh dengan MOOC, perkuliahan atau kursus pada umumnya diselenggarakan dalam jangka waktu tertentu. Materi diberikan dalam bentuk modul teks maupun multimedia (audio-video). Kegiatan perkuliahan diakhiri dengan sebuah tahapan evaluasi. Beberapa institusi membebaskan biaya untuk kegiatan evaluasi tersebut kepada para peserta didiknya. Namun, mereka mungkin akan meminta bayaran jika (maha)siswa hendak menebus sertifikat yang mencantumkan hasil evaluasi ini. 

Metode MOOC mulai menjadi tren sejak sekitar tahun 2014 silam, terutama ketika Globalizing OpenupEd Project (OpenupEd) diluncurkan pertama kali pada kesempatan konferensi The Asian Association of Open Universities (AAOU, Asosiasi Universitas Terbuka seluruh Asia) yang merupakan organisasi nirlaba pendidikan tinggi di Asia yang berfokus pada pendidikan jarak jauh. OpenupEd sendiri bertujuan untuk mendorong banyak perguruan tinggi di kawasan Asia agar bisa menawarkan perkuliahan mereka secara full open licenses (OERs) melalui MOOC. [rujukan]

Sementara itu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) menyebut istilah MOOC dengan nama lain SPADA Indonesia, yaitu Sistem Pembelajaran Daring Indonesia. Platform ini dikembangkan untuk menjawab beberapa tantangan pendidikan tinggi di Tanah Air seperti kapasitas perguruan tinggi (PT) yang terbatas; keterjangkauan PT yang rendah dikarenakan sebaran yang kurang merata; masih banyaknya perguruan tinggi yang belum memiliki sumber daya pendidikan yang memadai dan berkualitas, perguruan tinggi bermutu lebih banyak masih terkonsentrasi di pulau Jawa; masih rendahnya layanan pendidikan tinggi yang setara dan bermutu; dan masih rendahnya jaminan pemenuhan kebutuhan dan permintaan pendidikan tinggi yang bermutu. [rujukan]

cool man
Ilustrasi oleh: depositphotos
Bagi saya pribadi, tentu saja MOOC ini luar biasa menarik dan menguntungkan! 

Semua orang kini berhak atas akses terhadap pendidikan yang berkualitas. Apalagi banyak kampus-kampus ternama dunia yang menawarkan kegiatan kuliah via MOOC. Sebut saja: Harvard, Stanford University, California Institute of Technology (Caltech), The University of Edinburg, dll. Banyak institusi non universitas yang pula mengadakan perkuliahan melalui MOOC, seperti National Geographic, The Museum of Modern Art, The World Bank, dll. Dengan kata lain, kita bisa mempelajari ilmu pengetahuan dalam bidang apa saja yang kita minati dan perlukan; eksakta, ilmu pengetahuan alam, humaniora (sosial-budaya, seni, bahasa, dst.), hukum, hingga kiat-kiat tentang pengembangan diri (personal development).

Apabila Anda tertarik untuk mengikuti kuliah maupun kursus dalam platform MOOC, berikut ini saya referensikan beberapa situs web rujukan. Klik pada nama untuk membuka tautan dan menuju ke situs web yang disebutkan.

Coursera ialah salah satu pelopor penyedia pembelajaran berbasis MOOC dan merupakan situs web yang paling sering diakses dan paling populer.

Banyak kampus ternama kelas dunia tergabung di situs web ini dalam penyelenggaraan perkuliahan via MOOC; The University of Queensland di Australia hingga Sorbonne Université di Prancis.  
Mungkin penamaannya terinspirasi situs web edX. Di negeri sendiri, kita punya IndonesiaX. IndonesiaX menjamin bahwa perkuliahan yang diberikan berasal dari universitas peringkat tertinggi serta dari perusahaan terbaik di Indonesia. Wishnutama pernah memberikan kuliahnya di situs web ini.  

SPADA Indonesia
Platform MOOC yang dikembangkan oleh Kemenristekdikti. Banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta nasional yang menawarkan perkuliahan di sini.

INALCO
Sebagai institut bahasa dan budaya oriental satu-satunya yang berada di Paris (Prancis), INALCO menawarkan melalui MOOC pembelajaran bahasa Arab, Cina, Ceko, ...hingga bahasa Indonesia dan Melayu. Lihat ketersediaanya di situs web yang dimaksud.      

Portal MOOC:
Bila Anda memerlukan lebih banyak lagi referensi tentang lembaga-lembaga pendidikan dari berbagai belahan dunia yang memberikan kuliah melalui MOOC, saya sarankan Anda untuk mengunjungi situs portal berikut ini: MOOC-List, My-MOOC, atau MOOC-Francophone yang khusus memuat daftar perkuliahan dengan pengantar bahasa Prancis. 




0 comments: